Sebelum melakukan penelitian, tentu kita harus menentukan topik penelitian. Bagaimana cara menentukan topik penelitian?
Kita dapat menentukan topik penelitian dengan cara mengkaji literatur dari artikel ilmiah, laporan penelitian (skripsi, tesis, dan desertasi) dan juga melalui observasi di lapangan.

Mengkaji Literatur
Salah satu cara untuk menentukan topik penelitian adalah dengan mengkaji literatur. Bila Anda baru pertama kali, dan bingung untuk mencari artikel, Anda dapat melihat video tutorial ini: Mencari Artikel di jurnal Nasional atau Internasional.
Dalam mengkaji literatur, kita harus memperhatikan beberapa bagian dari artikel ilmiah, diantaranya:

  • Tujuan dan pertanyaan penelitian
  • Metode yang digunakan
  • Temuan
  • Hasil penelitian
  • Cara menyajikan data hasil penelitian

Observasi di Lapangan
Cara lain untuk menentukan topik penelitian adalah dengan observasi di lapangan. Cara ini merupakan cara yang menurut saya efektif. Alasannya, kita bisa langsung mengetahui permasalahan yang terjadi dilapangan. Kita juga bisa merefleksi diri, apakah kemampuan saya bisa memberikan alternatif solusi melalui penelitian yang akan dilakukan atau tidak. Jika sudah mendapatkan topik permasalahan yang akan diteliti, kita juga harus memperdalam permasalahan tersebut dengan cara mengkaji literatur dan atau memperluas observasi di lapangan (bila perlu).
Pada hakikatnya, kajian literatur dan observasi di lapangan memang saling terkait dan melekat. Kita tidak bisa hanya mengandalkan mengkaji literatur saja tanpa melakukan observasi, atau sebaliknya. Secara lebih detail, bisa dilihat video berikut.