Dalam panduan ini, Anda akan belajar cara memasukkan file Flash (SWF) ke presentasi PowerPoint. Pertama-tama, jika Anda menggunakan Windows 7 atau sistem operasi sebelumnya, pastikan Anda menginstal Adobe Flash Player di komputer Anda dan bahwa kontrol ActiveX terdaftar. Tanpa pengaturan awal ini, film Flash tidak dapat ditampilkan di PowerPoint. Perhatikan juga bahwa ini tidak akan berfungsi untuk PowerPoint Viewer (alternatif gratis untuk MS Office) dan PowerPoint pada Mac.

Untuk memasukkan file Flash .swf menggunakan PowerPoint, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Tambahkan tab Developer. Secara default, tab ini tidak ditambahkan ke ribbon PowerPoint Anda. Jika Anda sudah menambahkannya, lewati langkah ini.
  • Klik kanan pada ruang kosong pada ribbon dan pilih Customize the Ribbon
  • Pada Main Tabs, klik bagian Developer
  1. Buka presentasi PowerPoint atau buat yang baru, lalu pilih slide di mana Anda ingin memasukkan Flash. Sekarang di bawah tab Developer di bagian Kontrol, klik pada ikon Lebih Banyak Kontrol.
  1. Scroll Dwon, pilih Shockwave Flash Object dan klik OK
  2. Buat segiempat untuk menaruh animasi swf
  3. Klik kanan dan pilih property sheet
  4. Anda akan melihat kotak dialog Properties. Di sebelah Movie, masukkan path lengkap ke file SWF, termasuk nama file dan ekstensi. Anda dapat memasukkan file SWF dari komputer Anda (mis., C: \ movie.swf) atau dari situs web (mis., Http: //www..com/movie.swf). Setel EmbedMovie ke True.
  5. Jendela Properties memiliki beberapa pengaturan lain untuk menyempurnakan pemutaran movie:
  • Setel nilai Pemutaran ke True jika Anda ingin movie Flash mulai diputar secara otomatis.
  • Tetapkan nilai Loop ke True jika Anda ingin movie Flash memulai kembali secara otomatis setelah pemutaran selesai.

Tutup kotak dialog Properties. Untuk melihat animasi dalam placeholder putih, klik tombol SlideShow di bawah tab View, atau tekan F5 pada keyboard Anda. Untuk memulai pertunjukan slide dari slide ini, tekan Shift + F5.

download tutorial